Filled Under:

Kemudahan Listrik Pintar PLN

Beri Kemudahan Bagi Pengguna Listrik Pintar, PLN Siapkan Meter dengan Komunikasi Dua Arah


  
(Jakarta, 03/07/2014)
Pada hari Kamis (03/07), bertempat di Kantor Pusat PT PLN (Persero) di Jakarta, telah dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara PLN dengan PT XL Axiata Tbk dan antara PLN dengan PT Sistem Mikroelektronikcerdas Co-Design (SMC), yang masing-masing dilakukan oleh Direktur Utama PLN, Nur Pamudji, Direktur Utama PT XL Axiata (Tbk) Hasnul Suhaimi serta Direktur Utama PT SMC, Burhanuddin Razak. Kerjasama dilakukan dalam hal penyediaan layanan Meter Listrik Pintar (listrik prabayar) dengan Komunikasi Dua Arah (MLPKDA).
“Penggunaan Meter Listrik dengan Komunikasi Dua Arah ini merupakan inovasi yang dilakukan PLN sebagai upaya untuk meningkatkan layanan bagi pelanggan pengguna listrik pintar” ujar
Direktur Utama PLN, Nur Pamudji. Dalam kerjasama ini, PT SMC sebagai  provider teknologi yang akan melakukan pengelolaan data dan proses komunikasi kemudahan layanan listrik prabayar. Sedangkan untuk mendukung komunikasi datanya, tahap awal ini akan dilakukan oleh PT XL Axiata.
Inovasi ini akan sangat memudahkan pelanggan listrik pintar dalam melakukan top up karena pelanggan tidak perlu melakukan input ke dalam meteran listrik. Ketika kWh meter prabayar pada posisi low credit dan harus segera dilakukan pengisian ulang token listrik, maka pelanggan akan menerima pemberitahuan (notifikasi) berupa sms langsung dari kWh meter yang diatur oleh sistem. Pelanggan ketika melakukan pembelian token via Bank, ATM maupun loket lainnya, maka pulsa listrik di kWh meter akan secara otomatis di top up oleh sistem dan pelanggan akan langsung menerima sms notifikasi keberhasilan top up tanpa harus melakukan pengisian dengan input voucher token ke kWh meter. Pelanggan tidak perlu lagi melakuan top up dengan meng-input kembali kode token yang sudah dibeli seperti yang sekarang dilakukan pada kWh meter prabayar yang umum digunakan pelanggan.
Untuk sementara layanan ini baru akan dapat dinikmati oleh pelanggan khusus yaitu pelanggan pengguna listrik prabayar dengan daya  di atas 2200 VA ke, seperti : pelanggan korporasi, billboard, mesin ATM, BTS, dan Penerangan Jalan Umum. MLPKDA terdiri dari Meter Listrik Pintar dan Modul Komunikasi Data untuk komunikasi dua arah (perangkat telekomunikasi berupa modem dan sim card). Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun mengatakan “Ini akan menjadi produk favorit bagi pelanggan 3.500 VA ke atas seperti pelanggan billboard, ATM sehingga bersedia menjadi pelanggan listrik pintar PLN”.
Sementara Nur Pamudji menambahkan “Kerja sama ini sangat ditunggu dan tentunya dapat dikembangkan dengan fitur-fitur yang memudahkan pelayanan untuk pelanggan, bukan hanya top up listrik pintar saja. Misal, untuk switch off billboard di pukul 01.00 – 04.00 hanya dengan menggunakan sms, tanpa perlu ke lokasi”.
Saat ini dari total pelanggan PLN yang mencapai 55 juta dan pelanggan pengguna listrik prabayar telah mencapai 15 juta pelanggan.

Sumber: http://www.pln.co.id/?p=10514

Written by

General Contractor, Leveransir dan Instalatir. Alamat: Jl. C. Heatubun, Lorong Teratai, RT.003/-, Timika - Papua (99910)

0 komentar:

Posting Komentar

© 2014 iPRESS. All rights resevered. Designed by Kanaan Jaya